Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang bahwa pembinaan pendidikan aqidah, ibadah, akhlak dan motivasi belajar kepada anak itu sangat penting, karena itu merupakan tuntunan dalam ajaran agama Islam tentang tata hidup dan kehidupan. Akan tetapi di Era Digital dan Era Industri sekarang ini, banyak sekali orangtua yang kurang memperhatikan pendidikan agama kepada anak-anaknya, sehingga dampaknya kita dapati dalam keluarga dan masyarakat banyak yang  mengalami kerusakan moral yang bisa membawa bahaya terhadap dirinya maupun orang lain. Keadaan semacam ini kurang adil apabila dilimpahkan kesalahannya hanya kepada anak-anak saja, tetapi orangtua pun punya andil dalam hal ini, sebab erat kaitanya dengan bagaimana orangtua dalam memimpin dan mengarahkan anak-anaknya yang merupakan tugas dan tanggungjawabnya.

Penelitian ini memiliki tujuan 1) untuk menjelaskan analisis kepemimpinan orang tua dalam memotivasi pelaksanaan pendidikan agama anak. 2) untuk menjelaskan implementasi kepemimpinan orang tua dalam memotivasi pelaksanaan pendidikan agama anak. 3) untuk menjelaskan tipologi kepemimpinan orang tua dalam memotivasi pelaksanaan pendidikan agama anak.

Penulisan  ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif atau kepustakaan (library research) dengan judul Kepemimpinan Orangtua dalam Memotivasi Pelaksanaan Pendidikan Agama Anak. Penelitian ini mengambil sampel dari beberapa Kepala Keluarga, sedangkan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, menelaah di media cetak, internet, buku-buku yang relevan dan wawancara.

Kesimpulan penelitian, yaitu 1) kepemimpinan orangtua dalam memotivasi pelaksanaan pendidikan agama anak adalah dengan mengeluarkan seluruh kemampuan untuk memenuhi kewajiban dan tanggungjawab sebagai pemimpin dalam keluarga, yaitu mendidik, membimbing, mengarahkan dan melindungi anak-anaknya dengan sebaik-baiknya. 2) implementasi kepemimpinan orang tua dalam memotivasi pelaksanaan agama anak sangat berdampak positif, sehingga anak mendapatkan pendidikan agama Islam dari orang tuanya. 3) tipologi kepemimpinan orangtua dalam memotivasi pelaksanaan pendidikan agama anak sangat penting dan harus diupayakan karena pada saat ini banyak sekali orangtua yang kurang tepat dalam menerapkan tipe kepemimpinan kepada anak, apakah tipe demokratis, otoriter dan permisif.

Keywords

Kepemimpinan Orang Tua Motivasi Pendidikan Agama Anak

Article Details

References

  1. Alfiansyah, Hendita Rifki, “The Role Of Parental Involvement Towards The Sudents Learning Motivationâ€, Desember 2019, Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 22(2):276.
  2. Anton, “Peran Orang Tua dalam Keberhasilan Pendidikan Agama Islamâ€, Jurnal Pondok Pesantren al-Hamidiyah Bangkalan, 2020, Vol. 3 No. 2 Tahun 2020, diakses tanggal 25 Januari 2022.
  3. Ash-Shubaihi, Abu ‘Abdirrahman Sayyid bin ‘Abdirrahman, Bingkisan ‘tuk Kedua Mempelai, terj. Abu Hudzaifah, Sukoharjo: Maktabah al-Ghuraba’, 2012, Cet. 5.
  4. Ataollah, Hashemian, “Relationship Between the Parenting Styles and Students’ Educational Performance Among Iranian Girl High School Students, A Cross- Sectional Studyâ€, Journal Psychosocial Injuries Research Center, Ilam University of Medical Sciences, Ilam, Iran, Dec. 2015, Vol. 9/ Issue 12.
  5. Dawud, Abu, Sunan Abu Dawud, Jilid I, Bab Kapan Diperintahkan Anak Kecil Shalat, (Beirut: Maktabah al-Asyriyyah, 1422 H.
  6. __________, Sunan Abu Dawud, Jilid IV, Bab Dalil Naik dan Turunnya Iman, Beirut: Maktabah al-Asyriyyah, 1422 H.
  7. Djam’an, Satori, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.
  8. Ikhwan, Afiful, “Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam,†Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 142.
  9. Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
  10. Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat kementerian Agama RI, 2010.
  11. Muslim, Kitab Shahih Muslim, Jilid IV, Bab Keutamaan Bermajelis, Beirut: Darul Ihya’ut Turats, 1422 H).
  12. Patimbangi, Andi, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Demokratis, dan Kecerdasan Interpersonal terhadap SIkap Remajaâ€, Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri Bone, Indonesia, Vol. 3, Issue 2, Desember 2018.
  13. Rifai, Ahmad, Pengaruh Pola Kepemimpinan Orangtua terhadap Akhlak anak di Desa Bandar Mataram Lampung Tengah Tahun 2014, Laporan Penelitian IAIMNU Mataram Lampung Tengah, 2014.
  14. Sari, Yessi Nur Endah, “Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regencyâ€, Jurnal STIKES Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan, Probolinggo, 2018, Vol 2 No. 2.
  15. Sarma, Rahul, “The Family and Family Structure Classification Redefined for the Current Timesâ€, Official Journal of the Academy of Family Physicians of India, 2013 Oct-Dec; 2(4): 306.
  16. Soenarjo, A., dkk., al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: CV. Toha Putra, 1989.
  17. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B, Bandung: Alfabeta, 2012.
  18. Sumargi, Agnes Maria, Eli Prasetyo, Benedicta Winona Ardelia, “Parenting Styles and Their Impacts on Child Problem Behaviorsâ€, Jurnal Psikologi, 2020, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Vol. 19 (3), 269.