Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran urgensi  tentang pendidikan toleransi beragama Untuk mencegah sikap intoleran serta sikap radikalisme serta memaparkan metode pendidikan toleransi. Menengok konflik polarisasi umat beragama yang terdapat di negara Indonesia pada akhir-akhir ini  terutama perihal yang berkaitan  dengan  perbedaan pemahaman serta keyakinan. Perbedaan tersebut menyebabkan konflik yang didasari kurangnya sikap dan sifat toleransi.. Penelitian ini menggunakan metode library research dimana penelitian kepustakaan dengan pengambilan data melalui tulisan, dokumentasi, artikel maupun jurnal. Hasil penelitian pendidikan toleransi beragama sangat penting untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang aman, damai tentram, dan sejahtera. Pendidikan toleransi beragama jika diterapkan sejak dini, maka akan terbentuk karakter yang mengedepankan sikap toleransi atau tenggang rasa. Sedangkan metode pendidikan toleransi beragama bisa dilakukan melalui metode keteladanan, nasehat dan pembiasaan.

Keywords

Pendidikan Toleransi Beragama Metode Pendidikan Toleransi

Article Details

References

  1. Yogi Nugroho, Yudi Firmansyah. Karakter Toleransi Beragama dalam Sudut Pandang Generasi Millenial.Jurnal Kemasyarakatan. 4 ( 2): 70, 2019.
  2. Mujahidil Mustaqim. Analisis Nilai-nilai Toleransi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama. Jurnal Pendidikan Agama Islam XVI (1): 76, 2019.
  3. Miftahul Huda, M Dayat. Politasi Ulama Pada Pilpres 2019 Perspektif Kiai Silo di Kabupaten Pasuruan. Kabilah: Journal of Social Community.4. (1) :53, 2019.
  4. Febrihada Gahas Candramukti. Peranan Agama dalam Menyikapi Konflik Komunikasi Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019. ENTITA:Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Social dan Ilmu-ilmu Sosial.2 ( 2) : 247, 2020.
  5. M Nur Ghufron. Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama.FIKRAH:Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan. 4 (1): 139, 2016.
  6. Muhammad Anas Ma’arif. Internalisasi Nilai Multikultural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi (Studi di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. 2 (1) : 165, 2019.
  7. Abu Bakar. Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama.TOLERANSI:Media Komunikasi Umat Beragama. 7 (2), 2015.
  8. Muhammad Muntahibun Nafis. Pemikiran Sufistik dan Toleransi Beragama KH. Sholeh Bahruddin di Pesantren Ngalah Pasuruan. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam. 7 (2) :345, 2017.
  9. U Abdullah Mumin. Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran di Sekolah). al afkar:Journal for Islamic Studies.1 (2) :18-19, 2018.
  10. Evi Fatimatur Rusydiyah, Eka Wahyu Hidayati. Nilai-nilai Toleransi Dalam Islam Pada Buku Tematik Kurikulum 2013. ISLAMIC: Jurnal Studi Keislaman. 10 (1) :277-278, . 2015
  11. Milya Sari. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian IPAâ€. Natural Science. 6 ( 1 ):l 44, 2020
  12. Agus Supriyanto, Amien Wahyudi. Skala Karakter Toleransi: Konsep Dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan dan Kesadaran Individu. Jurnal Ilmiah Counsellia7 (2) : 62-63, 2017.
  13. Gita Dianita, dkk. Implementasi Pendidikan Toleransi Di Sekolah: Sebuah Kearifan Lokal di Sekolah Nahdlatul Ulama. Tarbawiy: Indonesian Journal of Islamic Education. 5 (2) :164-165, 2018.
  14. Ali Maksum. Model Pendidikan Toleransi Di Pesantren Modern Dan Salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam.3 (1) :91, 2015.
  15. Hariani Santiko. Toleransi Beragama Dan Karakter Bangsa Perspektif Arkeologi.Sejarah dan Budaya ( 1) :1, 2013.
  16. Lely Nivilyah. Toleransi Antar Umat Beragam Dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa (Studi Kasus Umat Islam Dan Kristen Dusun Segaran Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto). Kajian moral dan Kewarganegaraan. 2 (1) :384, 2013.
  17. Dewi Anggraeni, Siti Suhartinah. Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif KH. Ali Musthafa Yaqub. Jurnal Studi Al Qur’an. 14 (1) :67-68, 2018
  18. Miftahul Jannah. Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al Madrasah:Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 4 (1):83,2019
  19. Mohammad Akhsanulkhaq. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal PrakarsaPaedagogia. 2 (1).25, 2019
  20. Wahyu Hidayat. Metode Keteladanan Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Akhlak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan.Al Ulya:Jurnal Pendidikan Islam 5 (2 ): 117, 2020.