Main Article Content
Abstract
Salah satu tradisi yang lahir dari pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia adalah Khidmah, yaitu sikap kerelaan santri mengabdikan diri kepada kyai untuk meneguhkan proses tafaqquh fi al-din di pesantren. Tradisi ini sejalan dengan konsep pendidikan Islam yang berorientasi pada proses internalisasi dan penanaman adab (pengetahuan, karakter dan tindakan) pada diri manusia. Pesantren Rohmatullah Cokro Grabag Magelang merupakan pesantren yang memiliki corak unik dalam penanaman nilai-nilai Islam melalui sinergi antara pembelajaran dan pengkhidmatan. Deskripsi tradisi Khidmah yang telah berlangsung puluhan tahun ini dikaji dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, serta penelaahan dokumen studi dokumenter yang antara satu dengan yang lain saling melengkapi, memperkuat dan menyempurnakan. Hasilnya, corak tradisi khidmah yang dikembangkan pesantren Rohmatulloh berorientasi pada nilai-nilai pendidikan, kepemimpinan dan ketrampilan. Pengembangan tradisi khidmah ini sekaligus menjadi fenomena baru di lingkungan pesantren dalam rangka menyiapkan sumberdaya manusia yang unggul.
Keywords
Article Details
References
- Abdillah, Aufa, The Khidmah Tradition of Santri Towards Kyai (The Review of ‘Urf & Psychology), Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 Issue 1, 2022. pp. 278-292 E-ISSN: 2614-8013
- Abdillah, Masykuri, “Pesantren Dalam Konteks Pendidikan Nasional dan Pengembangan Masyarakatâ€, dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru, Jakarta: Grasindo, 2002
- Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
- Arifin, M, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2008
- Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
- Departemen Pendidikan Nasional, KBBI Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2018
- Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, 1994
- Elfachmi, A. K. Pengantar Pendidikan. Bandung: Erlangga, 2016
- Fathoni, Haris Makmur, Pendidikan Islam, Jogjakarta, Ircisod, 2010
- Husaini, Adian, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Depok: Komunitas NuuN, 2011
- Junaidi, Mahfud, Ilmu Pendidikan Islam: Filsafat dan Pengembangan. Semarang: RaSAIL Media Group, 2010
- Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005
- Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Seri INIS XX, 1994
- Moleong, J. lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
- Mujib, Abdul, Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
- Mujtahid, Reformulasi Pendidikan Islam, Malang: UIN-MALIKI Press, 2011
- Muthohar, Ahmad, Ideologi Pendidikan Pesantren, Semarang: Pustaka Rosda Karya, 2007
- Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
- Samsudin, 2018 Manajemen Pesantren Mahasiswa, Jurnal Al-Fikri, Vol 1, No 2
- ________ , 2019 Tantangan Lembaga Pesantren di Era Disrupsi, Proceding Conference on Islamic Studies 2019, http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8063
- Undang-Undang Pesantren nomor 18 tahun 2019 Bab II pasal 3
- Umar, Ahmad Mukhtar, Mu’jam al-Lughah al-Arabiyah al-Mu’ashirah, Kairo: Alamul Kutub, 2008
- Yasid, Abu. Paradigma Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: Ircisod. 2018.
References
Abdillah, Aufa, The Khidmah Tradition of Santri Towards Kyai (The Review of ‘Urf & Psychology), Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 Issue 1, 2022. pp. 278-292 E-ISSN: 2614-8013
Abdillah, Masykuri, “Pesantren Dalam Konteks Pendidikan Nasional dan Pengembangan Masyarakatâ€, dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru, Jakarta: Grasindo, 2002
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Arifin, M, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2008
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
Departemen Pendidikan Nasional, KBBI Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2018
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, 1994
Elfachmi, A. K. Pengantar Pendidikan. Bandung: Erlangga, 2016
Fathoni, Haris Makmur, Pendidikan Islam, Jogjakarta, Ircisod, 2010
Husaini, Adian, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Depok: Komunitas NuuN, 2011
Junaidi, Mahfud, Ilmu Pendidikan Islam: Filsafat dan Pengembangan. Semarang: RaSAIL Media Group, 2010
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Seri INIS XX, 1994
Moleong, J. lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
Mujib, Abdul, Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Mujtahid, Reformulasi Pendidikan Islam, Malang: UIN-MALIKI Press, 2011
Muthohar, Ahmad, Ideologi Pendidikan Pesantren, Semarang: Pustaka Rosda Karya, 2007
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
Samsudin, 2018 Manajemen Pesantren Mahasiswa, Jurnal Al-Fikri, Vol 1, No 2
________ , 2019 Tantangan Lembaga Pesantren di Era Disrupsi, Proceding Conference on Islamic Studies 2019, http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8063
Undang-Undang Pesantren nomor 18 tahun 2019 Bab II pasal 3
Umar, Ahmad Mukhtar, Mu’jam al-Lughah al-Arabiyah al-Mu’ashirah, Kairo: Alamul Kutub, 2008
Yasid, Abu. Paradigma Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: Ircisod. 2018.