Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut bagaimana relevansi diantara penilaian sikap pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) terhadap perubahan karakter pada siswa berdasarkan data-data beserta tinjauan pustaka dan penelitiansebelumnya yang telah penulis petakan dan kumpulkan, Pada penelitian ini, penulis menggunakan jenis pendekatan penelitian berupa penelusuran pustaka atau yang lebih dikenal dengan Library Research. Pada penelitian ini, penulis melakukan pengumpulan data dan kemudian melakukan kajian serta meneliti bahan bacaan yang relevan terhadap relevansi penilaian sikap pada mata pelajaran PAI BP dengan perubahan karakter siswa. Mengenai relevansi atau hubungan diantara perubahan karakter siswa dengan penilaian sikap pada mata pelajaran PAI BP selalu ada dan keduanya akan saling memengaruhi. Dimana penilaian sikap pada mata pelajaran PAI BP dapat memberikan pengaruh dan relevan terhadap perubahan karakter siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pada perubahan karakter siswa jika ditinjau relevansinya dari penilaikan sikap mata pelajaran PAI BP disimpulkan bahwa keduanya memiliki hubungan dan mata pelajaran PAI BP secara langsung relevan terhadap perubahan karakter seorang siswa. Karena perubahan karakter seseorang muncul dari sebuah kebiasaan dan aktfitas baik yang dipelajari dan diperaktekkan dalam waktu yang lama serta adanya teladan dari lingkungan sekitar. 

 

Kata Kunci: Perubahan Karakter, Penilaikan Sikap, PAI BP.

 

Keywords

Kata Kunci Perubahan Karakter Penilaikan Sikap PAI BP.

Article Details

References

  1. Adhar, 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Sape Kabupaten Bima. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
  2. Ainiyah, N., 2014. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, pp. 25-38.
  3. Aristanti, S., 2020. Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Multisitus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jombang dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jombang). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  4. Azzahra, R., Fitriani, W., Warmansyah, J. & Desmita, 2022. Keterlibatan Orang Tua di Minangkabau dalam PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), pp. 1549-1561.
  5. Bahri, S., 2019. The Role Of Islamic Education In Realizing Social Interaction Based On Multiculturalism Among Students Of Different Religions In Elementary Schools. IJIERM, 1(1), pp. 1-17.
  6. El-Yunusi, M. J., Rusijono & Izzati, U. A., 2022. Character Education Of Students In Pondok Modern Darussalam (PMD) Gontor In Thomas Lickona Theory Perspective. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(2), pp. 415-429.
  7. Fahrudin, Asari, H. & Halimah, S., 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa. Edu Riligia, 1(4), pp. 516-532.
  8. Fitriani, W., Nelisma, Y., Sasnita, A. F. & Khairiah, V. L., 2021. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kreativitas Kewirausahaan Siswa SMKN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 6(2), pp. 223-228.
  9. Hasman, 2021. Pemberian Penilaian Sikap Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Kelas V Di MIN 2 Buton Kec. Pasarwajo Kabupaten Buton. Tesis tidak diterbitkan.Makassar: Uin Alauddin Makassar.
  10. Irzain, I., Arpinus, A. & Fitriani, W., 2021. Efektivitas Pelatihan Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(1), pp. 24-28.
  11. Mailita, 2019. Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama. Tarbiyah Islamiyah, 9(1), pp. 95-108.
  12. Matara, K., 2020. Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI dan BP (Studi Pustaka Pada Buku PAI dan BP Untuk SMK Kelas X). Jurnal Irfani, 16(1), pp. 82-95.
  13. Nelisma, Y., Fitriani, W. & Yuliana , 2022. Konseling Agama Dengan Pendekatan Budaya Dalam Membentuk Resiliensi Remaja. Consilia : Jurnal Ilmiah BK, 5(1), pp. 66-76.
  14. Pulungan, M. H., 2019. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
  15. Retnowati, E. et al., 2019. Character Education for 21st Century Global Citizens. London, CRC Press/Balkema.
  16. Robiansyah, F., 2015. Integrasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Siswa (Studi Kasus di SD Peradaban Serang). Jurnal Agama Islam, 2(1), pp. 1-13.
  17. Rohmah, H., 2018. Implementasi Penilaian Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di SMP Negeri 9 Metro. Tesis tidak diterbitkan. Metro Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
  18. Santika, I. W. E., 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), pp. 8-20.
  19. Taufik, M., 2020. Strategic Role Of Islamic Religious Education In Strengthening Character Education In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 20(1), pp. 86-104.
  20. Ulfa, 2020. Pengenalan Nilai-Nilai Akhlak Mulia Melalui Metode Pembiasaan Di RA Al Rosyid Bojonegoro Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman., 2(1), pp. 11-27.
  21. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretariat RI.