Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan: (1) aktivitas guru melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada Guru-Guru SDN 1 Magelung tahun pelajaran 2012/2013, dan (2) kemampuan guru dalam mengolah nilai melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada guru-guru SDN 1 Magelung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SDN 1 Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal pada semester I tahun pelajaran 2012/2013 selama 6 bulan (Juni s.d. November 2012), dengan subjek penelitian berjumlah 15 guru. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan kemampuan guru dalam mengolah nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan aktivitas guru melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada Guru-Guru SDN 1 Magelung tahun pelajaran 2012/2013. Siklus I skor aktivitas guru sebesar 76 (baik), meningkat menjadi 80 (baik) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 93 (sangat baik) pada siklus III, (2) terdapat peningkatan kemampuan guru dalam mengolah nilai melalui pelatihan berbantuan microsoft excel pada guru-guru SDN 1 Magelung tahun pelajaran 2012/2013. Hal tersebut diketahui dari peningkatan rata-rata kemampuan guru dalam mengolah nilai, siklus I sebesar 66 (cukup), meningkat menjadi 80 (baik) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 92 (sangat baik) pada siklus III.
Â
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Amstrong, M 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
- Burton, W.H. 1952. The Guidance of Learning Activities. New York: Appleton Century Crofts
- Aqib, Zaenal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Daradjat, Zakiah. 1995. Ilmu Pendidikan Islam, Cet.III. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Machmud. 2010. Pengaruh Implementasi Sistem Administrasi sekolah (SAS) dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Jakarta Timur. Hasil Penelitian. http://papers.gunadarma.ac.id/index.php/mmsi/article/view/ 14866/14129. unduh 16 Juni 2012.
- Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Mulyono, Anton. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
- Murni, Wahid dkk., 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media kerjasama dengan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
- Nahlawi, Abdurrahman. 1992. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press.
- Natawijaya. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Dikti P2TK Depdiknas.
- Partama, I.Ketut. 2011. Peningkatan Kemampuan Guru Memanfaatkan Komputer dalam Pembelajaran melalui Peer Teaching Kelompok MGMP di SMP Negeri 4 Mendoyo Jembrana Bali. Hasil Penelitian. http://iketutpartama. wordpress.com/. unduh 16 Juni 2012.
- Samsudin. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menganalisis Hasil Belajar Siswa melalui Supervisi Akademik denga Pendampingan. Hasil Penelitian. Jurnal Penelitian DIDAKTIKA, Tahun 3 Nomor 9, Maret 2011.
- Sardiman, AM. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Simamora, Henry. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Bagian Penerbitan STIE YKPN.
- Suyanto. 2011. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adi Cita.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Usman, Moh Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
References
DAFTAR PUSTAKA
Amstrong, M 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
Burton, W.H. 1952. The Guidance of Learning Activities. New York: Appleton Century Crofts
Aqib, Zaenal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Zakiah. 1995. Ilmu Pendidikan Islam, Cet.III. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Machmud. 2010. Pengaruh Implementasi Sistem Administrasi sekolah (SAS) dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Jakarta Timur. Hasil Penelitian. http://papers.gunadarma.ac.id/index.php/mmsi/article/view/ 14866/14129. unduh 16 Juni 2012.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyono, Anton. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Murni, Wahid dkk., 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media kerjasama dengan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nahlawi, Abdurrahman. 1992. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press.
Natawijaya. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Dikti P2TK Depdiknas.
Partama, I.Ketut. 2011. Peningkatan Kemampuan Guru Memanfaatkan Komputer dalam Pembelajaran melalui Peer Teaching Kelompok MGMP di SMP Negeri 4 Mendoyo Jembrana Bali. Hasil Penelitian. http://iketutpartama. wordpress.com/. unduh 16 Juni 2012.
Samsudin. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menganalisis Hasil Belajar Siswa melalui Supervisi Akademik denga Pendampingan. Hasil Penelitian. Jurnal Penelitian DIDAKTIKA, Tahun 3 Nomor 9, Maret 2011.
Sardiman, AM. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Simamora, Henry. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Suyanto. 2011. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adi Cita.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Usman, Moh Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.