Main Article Content

Abstract

Abstrak
Dalam penelitian ini diajukan tiga hipotesis, yaitu terdapat hubungan antara
kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Fiqih, terdapat hubungan antara
kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Fiqih, dan terdapat hubungan
antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa secara bersamasama (simultan) dengan prestasi belajar Fiqih. Sebanyak 60 siswa (30%),
dipilih dari 200 siswa dengan sampel random menjadi sampel penelitian ini.
Untuk membantu proses pengumpulan data telah digunakan alat pengumpul
data berupa tes, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya, data terkumpul
dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi, baik regresi sederhana
maupun ganda.Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif
yang signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar Fiqih siswa.
(2) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan
prestasi belajar Fiqih siswa. (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara
motivasi belajar dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar Fiqih siswa.Dengan kata lain, kedua variabel (kecerdasan
emosional dan kecerdasan spiritual siswa) saling berinteraksi dan
mempengaruhi pada variabel prestasi belajar Fiqih siswa. Oleh karena itu,
kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual siswa, sangat diperlukan
perhatian yang serius, sebagai upaya peningkatan prestasi belajar Fiqih siswa
MTs Al-Islam Gunungpati
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Spiritual, Prestasi Belajar, dan mata
pelajaran fiqih

Article Details